Jumat, 17 Januari 2014

TRANSPORTASI SEBAGAI URAT NADI
PERKEMBANGAN EKONOMI


Transportasi merupakan proses kegiatan memindahkan barang dan orang dari satu tempat ke tempat yang lain ( Morlok, 1985 ), sehingga transportasi adalah bukan tujuan melainkan sarana untuk mencapai tujuan guna menanggulangi kesenjangan jarak dan waktu ( Nasution, 1996 ). 
Perkembangan perekonomian di Indonesia maupun di Luar Negeri sangat erat kaitannya dengan penyelenggaraan transportasi. Kegiatan produksi, pertanian, penjualan, dan kegiatan ekonomi lainnya tidak terlepas dari kegiatan transportasi. Tersedianya sarana transportasi sangat mendukung perkembangan perekonomian sehingga tak ayal jika transportasi terhambat menyebabkan terhambat pula kegiatan perekonomian.
Transportasi merupakan urat nadi kegidupan masyarakat. Makna dari urat nadi kehidupan dapat dipahami bahwa suatu masyarakat dapat hidup tumbuh dan berkembang kalau ada produktifitas, produktifitas dapat dihasilkan dari aktifitas -aktifitas yang didukung atau melalui lalu lintas. Dengan demikian lalu lintas harus aman, selamat, lancar dan tertib (Made Sutersen, SH; 2010).
Perubahan pola hidup di masyarakat merupakan sebuah dampak dari pertumbuhan perekonomian yang akan mempengaruhi jumlah permintaan moda transportasi baik transportasi darat, laut, maupun udara. Permintaan yang tidak sebanding dengan ketersediaan transportasi akan menghambat terselenggaranya kegiatan perekonomian yang berdampak pada penurunan kesejahteraan masyarakat.
Transportasi memang sangat erat kaitannya dengan gaya hidup, kesejahteraan, dan merupakan sebuah tolak ukur kemajuan sebuah bangsa. Sehingga sudah selayaknya Pemerintah sebagai penguasa dan penentu kebijakan memberi perhatian khusus pada penyelenggaraan transportasi agar kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dan kegiatan perekonomian dapat berkembang. Murah, selamat, aman, nyaman, dan tepat waktu dalam penyelenggaraan transportasi merupakan keinginan masyarakat sebagai pengguna jasa transportasi di Indonesia.

        Keinginan masyarakat pengguna jasa transportasi yang nyaman, aman, selamat, dan tepat waktu.
                             Semoga transportasi di Indonesia dapat maju seperti pada gambar ini





Tidak ada komentar:

Posting Komentar