Sabtu, 18 Januari 2014

Cara Mengecek Rem pada Mobil

Kecelakaan Lalu Lintas adalah suatu peristiwa di Jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan Kendaraan dengan atau tanpa Pengguna Jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda (UU LLAJ No.22 Tahun 2009). Kecelakaan disebabkan oleh 4 faktor yaitu faktor manusia, faktor jalan, faktor lingkungan, dan faktor kendaraan. Dari keempat faktor diatas faktor manusialah yang paling dominan tetapi faktor kendaraanlah yang mempengaruhi tingkat fatalitas kecelakaan yang terjadi.
           
Kendaraan adalah suatu sarana angkut di jalan yang terdiri atas Kendaraan Bermotor dan Kendaraan Tidak Bermotor (UU LLAJ No.22 Tahun 2009. Mayoritas kecelakaan terjadi pada kendaraan bermotor baik pada sepeda motor, maupun mobil.
Kecelakaan yang terjadi pada mobil sudah kerap kali terjadi. Salah satu penyebabnya adalah kondisi rem yang tidak terawat dan jarang terkontrol. Sebagai pengendara yang disiplin sebaiknya dilakukan pengecekan kondisi rem mobil secara periodik. Jika kondisi rem mobil dirasa membahayakan saat dilakukan pengereman maka tantunya akan lebih baik jika dilakukan tindakan pencegahan.
Ada cara-cara khusus untuk mengetahui performa rem mobil masih baik, atau sudah mulai blong. Cara pertama adalah dengan menahan injakan pedal rem. Setelah itu, lepaskan dan lakukan lagi hingga beberapa kali sambil mengurangi dan menambah kecepatan mobil. (Otosi.com)
Selanjutnya, setelah kecepatan berkurang, segera ganti gigi perseneling secara perlahan. Kalau terjadi saat Anda berkendara, pinggirkan mobil dengan perlahan hingga terposisikan pada kondisi yang aman. Jika gigi perseneling sudah dikurangi, tapi kecepatan tak kunjung menurun, berarti memang ada yang salah dengan rem mobil Anda. Dalam kasus di atas, sebaiknya pindahkan gigi perseneling dengan cepat dan cobalah berulang-ulang kali untuk sedikit mengurangi kecepatannya. Dalam kondisi rem yang sudah blong, cara darurat hanya dengan terpaksa menabrakkan diri ke benda mati yang di depannya. (Otosia.com)
Lebih baik mencegah daripada mengobati,itulah semboyan yang sepantasnya dilakukan untuk mengantisipasi keadaan yang akan terjadi terutama seperti kasus di atas. Berkendara tidak akan nyaman ketika apa yang kita kendarai dalam keadaan tidak terawat. Kondisi mobil yang buruk berpotensi menyebabkan kecelakaan. Sebaiknya sebelum berkendara mari, mari kita cek terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan kita tumpangi.
           

                                          (Otomotifnet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar